BUTUH BANTUAN POLISI POLRES MAJALENGKA HUBUNGI KAMI 110 ,0233-281221 ATAU SMS 9123 .

Rabu, 25 Mei 2016

MELESTARIKAN FESTIVAL URANG SUNDA ALIMPAIDO



POLRES MAJALENGKA - pada hari rabu 25 Mei 2016 jam 09.00 Wib, bertempat di lapang Pujasera Majalengka Jln KH Abdul halim Majalengka, di laksanakan Festival Urang Lembur (Alimpaido). Dengan Tema "Kita bangun Kesadaran untuk tetap mencintai dan melestarikan Budaya Daerah Mendorong Terwujudnya Majalengka Makmur"

Acara tesebut di selengarakan untuk menyambut Hari Ulang Kab Majalengka yang ke-526 tahun Kabupaten Majalengka, dengan diselenggarakan Lomba olahraga Tradisional di ikuti  260 peserta dari tiap tiap kecamatan Se Kab Majalengka Dari usia Tingkat SD.



Acara tersebut Di selengarakan oleh Disporabudpar Kabupaten Majalengka dan turut Hadir Kepala BKD H. Sanwasi, Kadisporabudpar Drs. H. Agus Permana Mp, Kadisdik Drs H. Imam Pramudiya MM, Para perwakilan kepala sekolah dan pengajar Tingkat SD.


Ada pun sambutan Kepala BKD. H. Sanwasi mengucapkan Terimakasih dan atas terselenggaranya Acara Alimpaido Festival urang Lembur untuk tetap melestarikan dan mencintai Dufaya leluhur yang hampir punah. Di samping itu untuk melestarikan Aset Daerah dan mengembangkan Budaya yang ada di kab Majalengka. Acara tersebut sekaligus mengingatkan kita pada massa silam.

Kadisporabudpar Kabupaten Majalengka Drs. H. Agus Permana Mp mengatakan festival alimpaido di Kabupaten Majalengka ini dilakukan setiap tahun untuk terus mengingatkan permainan anak-anak yang ada di pilemburan. Agar anak-anak bisa tetap bermain permainan tradisional ini yang permainannya dianggap murah karena tidak butuh alat yang mahal, namun tetap menarik dan bisa membuat suasana riang, disamping ada unsur olah raga fisiknya.





Jenis Perlombaan yang di tandingkan Bakiak, Engkrang, Srodot Gaplok, Rorodaan, Sumpit, Dadaluan dan sejumlah permainan lainnya.


Berharap, kegiatan Festival Urang Lembur Alimpaido tersebut terus dilakukan karena permainan tersebut adalah alah satu budaya urang sunda yang harus terpelihara dengan baik. Selain itu semua permainan ini mengandung filosofi kebersamaan karena hampir rata-rata dimainkan oleh lebih dari dua orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar