BUTUH BANTUAN POLISI POLRES MAJALENGKA HUBUNGI KAMI 110 ,0233-281221 ATAU SMS 9123 .

Kamis, 17 November 2016

DESAIN BANDARA KERTAJATI MENGANGKAT UNSUR BUDAYA SUNDA




POLRES MAJALENGKA - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka. Detail teknik pada desain unsur budaya sunda seperti Tarian Merak, Batik Mega Mendung dari Cirebon dan senjata tradisional Kujang akan diaplikasikan di sisi darat

Direktur Utama PT BIJB Virda Dimas mengatakan, unsur budaya Sunda seperti Tari Merak akan diaplikasikan pada atap bangunan terminal utama Bandara Kertajati.

“Bangunan ini cukup tinggi biayanya, lekukan, atap menggambarkan lekukan Merak. Simbolisasi Tarian Merak yakni tarian untuk menyambut kedatangan tamu. Jadi bandara ini dianggap referensi bagaimana Jawa Barat menerima tamu seperti Tarian Merak,” kata dia.

Unsur budaya Sunda lain yang diaplikasikan pada bandara ini adalah Batik Mendung khas Cirebon di ruang check in bandara dan menara ATC yang dibangun menyerupai senjata tradisional “Kujang”.

“Tinggi menara ATC-nya sekitar 60 meter, ini salah satu bentuk identitas Jawa Barat, bentuknya Jawa Barat sekali,” kata dia.

Menurut dia, ornamen budaya Sunda lainnya diaplikasikan pada interiornya berupa Payung Geulis Tasikmalaya dan karpet di ruang tunggu bandara yang bermotif bulu Merak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar