BUTUH BANTUAN POLISI POLRES MAJALENGKA HUBUNGI KAMI 110 ,0233-281221 ATAU SMS 9123 .

Rabu, 22 Februari 2017

MUSPIKA LIGUNG NENGOK TKI PULANG TANPA UANG BAWA CACAT PERMANEN


POLRES MAJALENGKA - Kapolsek Ligung AKP Toto Sumarto bersama muspika ligung, Nengok warga yang pulang dari TKI di Dubai, TKI tersebut dipulangkan oleh Majikannya dengan alasan karena Sakit, An. Casih Binti. Muhamad Safei, Kelahiran Majalengka 14 Januari 1972 ( 45 tahun ) alamat Blok Sabtu Rt.015/007 Desa Bantarwaru Kecamatan Ligung kabupaten majalengka.

Casih mengalami cacat permanen pada tangan kirinya. Tangan itu pernah patah sehingga kini sulit diluruskan. Punggung dan kedua kakinya bengkak-bengkak. Gaji selama 10 bulan bekerja hanya diterima sebesar Rp 2,8 juta dengan alasan gaji sudah dipotong, meski tak jelas dipotong untuk apa. Karena tak produktif lagi, Casih dipulangkan secara paksa oleh majikannya dengan ongkos pribadi.

Saat ditemui di rumahnya, Casih baru tiba dari Dubai, Sabtu 4 Februari 2017. Dia mengaku dipulangkan majikannya dan ongkos kepulangannya ditanggung pribadi dari uang gaji yang diberikan oleh majikannya sebesar Rp 2,8 juta selama 10 bulan bekerja di sana.

Ironisnya, Casih yang hanya tamatan SD itu mengaku tak mengetahui siapa nama majikannya dan di daerah mana persisnya dia bekerja. Bahkan, Casih pun mengaku tidak mengetahui PJTKI mana atau perusahaan mana yang memberangkatkannya bekerja ke luar negeri.

Ketika dipulangkan Casih tak mampu menuntut haknya karena tidak memahami apa yang harus dituntut dan apa yang harus diutarakan kepada majikannya. Hanya ketika majikannya memarahi dan memulangkannya, dia sempat meminta gajinya selama bekerja. Namun majikannya menolak memberikan dengan alasan sudah dipotong. Tidak dijelaskan mengapa dipotong, siapa yang memotong gajinya, dan kepada siapa gaji diberikan.

Kepala Bidang Perlindungan Tenaga Kerja, Sangap Sianturi mengaku belum mendapat laporan soal kepulangan TKI asal Bantarwaru, Casih. Malah, menurutnya, Casih tidak terdaftar sebagai TKI yang berangkat ke negara Timur Tengah terlebih terjadi moratorium sejak beberapa tahun lalu. Dia memastikan Casih berangkat sebagai TKI ilegal.


Meski demikian, pihaknya akan berupaya membantu menelusuri PJTKI maja yang memberangkatkannya dan dia bekerja di mana, guna memudahkan pengurusan hak-hak yang belum diterima Casih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar