BUTUH BANTUAN POLISI POLRES MAJALENGKA HUBUNGI KAMI 110 ,0233-281221 ATAU SMS 9123 .

Rabu, 25 Mei 2016

POTENSI WISATA DESA SIDAMUKTI LUAR BIASA


POLRES MAJALENGKA - Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon M. ABDUL MAJID IKRAM, mengatakan yang menjadikan program kali ini berbeda dibanding dengan program Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) lainnya adalah sektor atau bidang yang disasar bukan hanya 1 namun beberapa seperti bidang ekonomi, bidang pendidikan, bidang kesehatan serta bidang pariwisata.

Melalui pemberdayaan perempuan desa akan dilakukan pembinaan pengembangan bidang ekonomi, dimana diharapkan melalui pelatihan, pendampingan secara rutin para perempuan desa akan mampu berdaya guna mengembangkan produksi unggulan daerah menjadi barang yang memiliki value added yang nantinya akan mampu mendukung perekonomian keluarga/ masyarakat di desa tersebut.

Untuk bidang pendidikan, program ini akan melaksanakan pemberian pelatihan dan pendampingan kepada para pemuda desa/karang taruna desa untuk giat mengembangkan sekaligus mengenalkan potensi desa termasuk melaksanakan perbaikan sekolah di desa tersebut. Bidang ketiga yang disasar adalah bidang kesehatan dimana melalui program ini, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon melalui kerjasama dengan PKPU melaksanakan program Kampung Nutrisi sebagai upaya peningkatan gizi dan kualitas terutama generasi penerus di desa tersebut.

Kader-kader kesehatan dibina sekaligus diberikan pengetauan bagaimana membentuk generasi yang berkualitas, sehat jasmani dan rohani sekaligus siap berperan di dalam pembangunan daerah. Bidang yang disasar selanjutnya adalah bidang pariwisata. Sebagaimana diketahui, potensi wisata Desa Sidamukti sungguh luar biasa, mulai dari potensi wisata religi (petilasan Prabu Siliwangi) hingga potensi alam (lokasi paralayang, Curug Sempong) serta wisata agro (tanaman manga gedong).

Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB dengan dihadiri oleh sekitar 200 tamu undangan yang terdiri dari masyarakat Desa Sidamukti sebagai sasaran program, perangkat Desa Sidamukti serta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait dengan program ini serta tak ketinggalan unsur Muspida dari Kabupaten Majalengka.


Sementara itu, Bupati Majalengka H. SUTRISNO, SE. MSi, mengatakan bahwa pilihan Bank Indonesia untuk mengembangkan Desa Sidamukti merupakan pilihan yang paling tepat dan sesuai dengan tujuan Pemerintah Kabupaten Majalengka untuk menuju Kota Metropolis yang terus akan dikembangkan perekonomiannya.

"Melalui kemajuan perekonomian kerakyatan, secara otomatis akan meningkatkan pula kesejahteraan masyarakat," katanya.

Pesan Kepala Daerah kepada jajarannya untuk dapat terus mendukung program Bank Indonesia dalam mengembangkan Desa Sidamukti namun yang penting juga untuk dilakukan yaitu memonitorprogram yang sudah dikembangkan saat ini. Apa yang sudah dikembangkan di Desa Sidamukti sudah selayaknya untuk terus dirawat dan dikembangkan.


Acara ditutup dengan penandatanganan prasasti peresmian kegiatan Desa wisata, penyematan rompi kepada kader-kader kesehatan, penyerahan bantuan sarana air bersih, pembukaan tirai peta wisata desa Sidamukti serta diakhiri dengan penanaman pohon bersama yang merupakan simbolis dan ajakan kepada penduduk desa untuk terus menjaga kelestarian alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar